Menutup Aurat Yang Benar Menurut Islam

Alhamdulillah, sekarang ini sudah banyak sekali wanita yang memakai kerudung. Memang untuk berkerudung secara sempurna butuh proses.Kita sering berkilah bahwa itu seperti ajang latihan. Untuk awalnya mungkin tak apa. Tapi jangan sampai kita kemudian terlena dan hanyut dengan pengaruh mode yang akhirnya malah membuat orang yang melihat berpikir atau malah sampai bilang “pake jilbab tapi kok bajunya sexi yah” yang akhirnya malah akan memberi citra negatif pada wanita berkerudung pada umumnyaDibawah ini ada contoh pemakaian kerudung yang tidak sesuai menurut Islam. Apakah model jilbab kita termasuk dalam contoh dibawah ini?

tutup-aurat-gbrb

 

 

 

Gambar 1

Kesalahan pada gambar ini :

  • Kerudung tidak menutupi dada Allah S.W.T berfirman dalam surat An Nur ayat 31 ” .. dan hendaklah mereka menutup kain kerudung ke dadanya … “

tutup-aurat-gbra

 

 

 

Gambar 2

Kesalahan pada gambar ini :

  • Kerudung tidak menutupi dada
  • Rok yang dipakai kurang panjang Menurut riwayat Imam Tarmizi dan Nasa’i, dari Ummu Salamah r.a. “Ya Rasulullah, bagaimana perempuan akan berbuat kain-kain mereka yang sebelah bawah?” Sabda Rasulullah S.A.W : “Hendaklah mereka memanjangkan barang sejengkal dan janganlah menambahkan lagi keatasnya”

tutup-aurat-gbrd

 

 

 

Gambar 3

Kesalahan pada gambar ini :

  • Pakaian ketat dan menampakkan bentuk tubuh Rasulullah bersabda ” hendaklah kamu meminjamkan dia baju yang panjang dan longgar itu “
  • Make up yang sangat tebal. Allah SWT berfirman dalam surat Al’Araf ayat 31 : ” Wahai anak cucu Adam. Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap memasuki mesjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan “

tutup-aurat-gbrc1

 

 

 

Gambar 4

Kesalahan pada gambar ini :

  • Kerudung tidak menutupi dada
  • Lengan blus pendek
  • Rok yang dipakai pendek
  • Tidak memakai kaos kaki ” Dan katakanlah kepada para perempuan beriman, agar mereka menjaga pandangannya dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasan (auratnya) kecuali yang bisa terlihat….” Surat An Nur, ayat 31

tutup-aurat-gbrf

 

 

 

Gambar 5

Kesalahan pada gambar ini :

  • Lengan blus pendek
  • Tidak memakai kaos kaki Rok yang dipakai berbelah di depan ” Barang siapa yang memakai pakaian yang mencolok mata, maka Allah S.W.T akan memberikan pakaian kehinaan di hari akhirat nanti ” Riwayat Ahmad, Abu Daud, An Nasa’i dan Ibn Majah.

 

tutup-aurat-gbre

 

 

 

Gambar 6

Kesalahan pada gambar ini :

  • Kerudung tidak menutupi dada
  • Pakaian ketat menampakkan lekuk tubuh
  • Blus yang dipakai pendek
  • Tidak memakai kaos kaki “Sesungguhnya sebilangan ahli neraka ialah perempuan-perempuan yang berpakaian tapi yang telanjang yang condong kepada maksiat dan menarik orang lain untuk melakukan maksiat. Mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya” Riwayat Bukhari dan Muslim Ternyata cara berpakaian saya selama ini, walaupun sudah menutup kepala, tapi ternyata masih banyak salahnya .

Memang sebetulnya yang benar tuh seperti apa sih? Berikut contohnya.

tutup-aurat-yg-betul1

Rasulullah S.A.W telah bersabda : “Bahwa anak perempuan apabila telah cukup umurnya, maka mereka tidak boleh dilihat akan dia melainkan mukanya dan kedua telapak tangannya hingga pergelangan” (H.R. Abu Daud) Memang sulit ya merubah kebiasaan selama ini. Banyak alasan yang suka berkecamuk di hati. Salah satunya ngga keren ah… terlalu kayak ibu-ibu … dll..dll… (pengalaman pribadi soalnya, he..he..) . Tapi alhamdulillah sekarang udah banyak ya desain kerudung panjang tutup dada yang keren-keren dan modis. Malah ada temen saya yang dengan memakain kerudung tutup dada model baru itu kayaknya jadi tambah modis.

Hmmm… Jadi sebenernya sih.. ngga ada masalah lagi ya. Yaa.. wish me luck deh awww Sekian sharing-nya. Semoga bermanfaat untuk semua. Amin.

34 thoughts on “Menutup Aurat Yang Benar Menurut Islam

  1. Assalamualaikum Warhmullahi Wabarakatuh

    Salam kenal dari saya di http://myrazano.com

    Perkenankanlah saya untuk memperkenalkan blog saya yang baru yang sampai sekarang masih sepi pengunjung.

    Saya sangat berharap melalui blog ini bias mendapatkan sedikit limpahan pengunjung yang tertairk dengan artikel-artikel islam yang ditulis oleh seorang pengamat sosial keagamaan Sumatera Barat ( Martias Oyonk )

    Demikian. Saya sampaikan terimakasih sebelumnya
    Semoga menjadi ibadah dan amal saleh bagi pengelola.
    Amin

    Wassalam

  2. assalamuaikum wr.wb
    alhhamdulillah..dengan mebaca artikel yang uda/uni buat ini,saya jd lebih mendapat pelajaran bgmn mendidik calon istri saya untuk lbh sopan dalam berpakaian,semoga ini jg menjadi acuan bgi imam2 dan calon2 imam d rumah tangga..terimakasih….

  3. Barakallah, Alhamdulillah, semoga menjadi barokah serta keinginan calon istri untuk berjilbab diridhoi dan dimudahkan oleh Allah dan menjadi Imam yang Amanah ya….amiin.

  4. Assalamualaikum,,,,
    saya senang sekali bisa bc blog ini,, hati saya ini sangat berkecamuk untukmengenakan jilbab yang benar…
    saya ingin mengenakannya seutuhnya, karna saat ini saya hanya mengenakannya pada saat sekolah. saya ingin menjadi seorang wanita yang diRidhoi Allah SWT. Amin

  5. Tks ats baca’nx..tp klu didaerh kalsel mch jrang bngt orng yg jualn krudung sprti trsbut..cuma d dtoko2 trtentu saja..

  6. menutup aurat memang sudah menjadi kewajiban bagi para wanita muslim,tapi mengapa sulit sekali yach???
    sebenarnya saya sadar dengan itu,tapi godaannya banyak banget!!!!
    tidak ada wanita yang paling cantik,kecuali wanita2 yang menutup auratnya karena Allah SWT,mohon doa nya yach,agar saya dapat melawan godaan yang menghalangi saya utk menutup aurat?!

    Jazakallah…

  7. semoga allah memberikan saya jodoh yg baik, bukan hanya cantik wajahnya, tapi juga cantik hatinya, baik aqlaknya . seorang muslimah sejati, amein..,
    yarobbal alamien….

  8. Saya senang bisa tau tentang jilbab dan kerudung,sehingga saya ingin mengenakannya,tapi bukan hal yang mudah untuk merealisasikannya.Dan saya butuh proses menuju jilbab dan kerudung yang benar.Mudah-mudahan saya di beri kemudahan oleh Allah untuk bisa secepatnya mengenakan kerudung dan jilbab!!! Amin!!

  9. assalamualaikum..

    saya sudah 3 thn memakai jilbab, tp slma ni saya msh sering pakai celana, belakangan ini saya merasa jilbab yang saya kenakan tidak sempurna, saya ingin skali memakai rok dan saya juga pingin belajar ngaji, lebih mendalami isi Al-Qur’an.

    • jilbab lain dengan kerudung, menurut qur’an surat al ahzab dan an nur. kerudng yaitu kain yg menutupi kepala sampai menutupi dada dan tidak transparan. sedangkan jilbab yaitu pakaian yg longgar lurus yng menutupi seluruh tubuh, tidak menyerupai pakaian laki laki(celana),….

  10. as,
    saya baru berapa bln memakai jilbab,itu juga msh di blng kerudung bkn jilbab coz sy blm mrsh bnr”berjilbab yg bnr mnrt islam tp uga bkn dilarang oleh islam,q ingin sekali memekai jilbab yg bnr&baik mnrt islam tp blm bsh coz saya masih ingin terlihat modiz&gaul
    tp setelah saya menpunyai suami nanti saya akan memakai jilbab yg sangat”baik mnrt islam,,,,,
    saya mintak dukungan semua dr kalian&jangan lp doa untuk saya mnjadi ce yang sholeha.

  11. saya telah memakai kerudung selama 10 bulan, yang saya rasakan Alhamdulillah luar biasa mengalami perubahan.
    tapi saya memakainya hanya di Saat kuliah.

    sebenarnya boleh atau tidak, memakai celana (tapi longgar)??

    *semoga saya bisa menyempurnakan apa yg saya pakai sekarang :)
    amiin

  12. alhamdulilah ada yang mengingatkan krena selama sy berjilbab hanya mementingkan menutup aurat saja,terkadang jilban dimasukkan biar kelihatan modis.padahal baju tertutup tapi ketat itu salah..maksih sdh mengingatkan untuk dapat diperbaiki penampilan saya

  13. Assalami’alaikum..
    Insyaallah saya sudah niatkan dalam hati untuk mengenakan jilbab dalam berpakaiaan saya sehari-hari..
    tp untuk benar2 menjalankannya kenapa sangat sulit ukhti…???

  14. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Alhamdulillah, terimakasih untuk infonya. Jazakallah khairan.
    Maaf saya mau bertanya. Saya biasa mengenakan kerudung kain yang tidak pendek juga tidak terlalu panjang. Saya mengaitkan ujung satunya ke samping leher saya dengan alasan:
    1. Kalau saya biarkan terurai kerudungnya, belahannya bisa terbuka,
    2. Ujung yang satu lagi tidak dikaitkan agar bisa menutupi daerah dada dan untaiannya cukup panjang menurut saya.
    Apakah itu boleh dikenakan? Terus terang kalau membeli kerudung seperti gambar yang benar di atas langsung banyak (untuk kuliah atau keluar rumah), ditambah lagi pakaian yang longgar seperti itu saya belum ada uangnya. Jadi mungkin sedikit-sedikit beli dan jika pakaian itu belum terkumpul secukupnya berarti saya masih mengenakan pakaian saya yang sebelumnya.
    Pakaian yang saya kenakan sekarang:
    1. Baju lengan panjang yang agak kedodoran, tetapi saya masukkan bagian bawahnya karena takut terbang dan tidak rapi (bagian bawah pakaian2 saya kebanyakan tidak pendek tapi juga tidak terlalu panjang jadi bisa terbang jika terkena angin),
    2. Memakai rok panjang tapi sering lupa memakai kaos kaki jika terburu2 masuk kuliah. Kalau pakai pun saya masih mengenakan kaos kaki warna krem (mirip kulit saya sehingga saya berniat menggantinya dengan warna gelap).
    3. Kadang saya mengenakan baju lengan 3/4 dengan lengan tambahan, saya memilih lengan tambahan yang longgar tapi mungkin itu masih salah ya? Saya masih memakai pakaian dengan lengan 3/4 itu karena baju saya tidak terlalu banyak untuk berganti2 jika yang lain kotor, dan saya memakai kerudung sebenarnya belum lama, jadi itu baju sudah lama.
    Terimakasih.

    • Syukron Alhamdulillah ukhti sudah mau mencobanya berusaha dengan baik, sedikit demi sedikitlah kita merubah sesuai dengan yang disyariatkan, Insya Allah ada jalannya dan Allah pasti meridhoi, amiin

      • terimakasih tilisanny brmanfaat s x bwt sy.mo tny nih ;kt ny kn pkaian muslimah tdk bleh sprti laki2 tp ap blh kta pkai cln mdel kulot dg atasan pj smpai betis,mhon bantuan ny n bleh kh sy brknalan s x gus jd tman anda?

  15. by Dewi Kharismawati
    dalam hal ini pakaian menurut islam al-libas, huruf lam, ba’, sin adalah tiga huruf asli yang menunjukkan pengertian tutup dan menutupi (as-satr wa at-taghtiyah). dimana dalam artikel pakaian menurut islam ini menurut saya perlu adanya penambahan yaitu menurut DR. IR. MUHAMMAD SHAHRUR dalam bukunya “Metodologi Fiqih islam kontemporer” mengatakan aurat dibagi menjadi dua yaitu aurat yang berat (mughaladzah) dan aurat ringan (mukhafafah). bagi laki” aurat berat yaitu kemaluan ,buah pelir, dan daerah dubur, sedangkan aurat ringanya yaitu selain bagian” itu.bagi perempuan aurat berat yaitu seluruh tubuhnya selain bagian kedua tangan, kaki ,dan bagian dada,bzgizn tersebut adalah aurat dalam shalat.
    hukum aurat diluar shalat yaitu merujuk kitab fiqih empat mahzab yaitu pendapat yang menyatakan”diluar shalat seorang mukhallaf harus menutupi auratnya, baik demi kepentingan dirinya maupun bagi orang lain yang tidak halal untuk dilihat auratnya kecuali dalam hal” darurat,seperti dalam pengobatan misalnya. batas aurat perempuan merdeka diluar shalat baik dalam kondisi sendirian , bersama muhrimnya atau bersama perempuan muslim lainya adalah bagian tubuh antara pusar dan lutut. adapun jka bersama laki” asin n perempuan non muslim, maka auratnya adlah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan dua telapak tangan. aurat laki” diluar shalat adalah bagian tubuh antara pusat smpai lutut, selain itu boleh diperlihatkan, khususnya dalam kondisi normal.” hal ini saya sampaikan agar dapat membedakan keadaan dimana kita menempatkan dlm berpakaian. trimakasih.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s