Kisi-kisi UKG PKn SMK

1. Salah satu yang membedakan negara dengan organisasi social lainnya adalah….

  • A. Ada pengurusnya
  • B. Memiliki alat/tata tertip yang memaksa
  • C. Memiliki tujuan
  • D. Memiliki alat kelengkapan organisasi.

2. Yang disebut dengan pengurus dalam organisasi negara adalah ….

  • A. Alat-alat kelembagaan negara
  • B. Semua lembaga-lembaga negara
  • C. Pemerintah
  • D. Pamong Praja

3. Pengakuan bukanlah sebagai unsur negara hanya sebagai menerangkan saja.

  • A. Pengakuan sebagai unusr Constitutive
  • B. Pengakuan sebagai unsur convensional
  • C. Pengakuan sebagai unsur Definitif
  • D. Pengakuan sebagai unsur Declaratif

4. Terbentuknya negara dengan cara negara lama terpecah dan lenyap, kemudia lahir negara baru, disebut terbentuknya negara dengan cara….?

  • A. Innovation
  • B. Peleburan (Fusi)
  • C. Accopatie
  • D. Proklamasi

5. Negara yang pemerintahannya terletak ditangan sejumlah orang dari golongan feodal disebut negara …..

  • A. Monarchie
  • B. Autocratie
  • C. Oligarchie
  • D. Aristocratie

6. Negara yang berada di bawah perlindungan negara lain disebut Negara ….

  • A. Mandat
  • B. Perwalian
  • C. Dominion
  • D. Protektorat

7. Negara Perwalian dapat diberlakukan pada ….

  • A. Wilayah yang dipisahkan dari negara yang kalah pada perang dunia II
  • B. Wilayah yang dipisahkan dari negara yang kalah pada perang dunia I
  • C. Negara yang masih dijajah negara lain
  • D. Negara-negara yang tidak mampu mengurus dirinya sendiri.

8. Gabungan negara yang kepala negara dan perlengkapan negaranya ditetapkan secara pemilihan disebut negara ….

  • A. Serikat Negara
  • B. Uni Riil
  • C. Uni Personil
  • D. Negara Serikat

9. Apakah fungsi negara yang paling utama ?

  • A. Menjaga keutuhan bangsa dan negara
  • B. Melaksanakan pembangunan nasional
  • C. Menyelamatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara
  • D. Mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat

10. Bagaimanakah caranya Indonesia membentuk negara RI ?

  • A. Melalui meja perundingan (KMB)
  • B. Melalui kerjasama dengan PBB
  • C. Melepaskan diri dari kekuasaan Belanda
  • C. Melalui cara Innovatien (pembentukan baru)

1. Demokrasi dapat dipahami secara normatif dan secara empirik. Demokrasi secara empirik artinya adalah:

  • a. demokrasi dalam praktek
  • b. demokrasi dalam teori
  • c. demokrasi sesuai aturan
  • d. demokrasi yang dipaksakan
  • e. demokrasi secara konseptual

2. Secara empirik terdapat keanekaragaman berdemokrasi di berbagai negara. Hal itu antara lain disebabkan oleh :

  • a. jumlah penduduk yang berbeda,
  • b. kondisi geografis yang berbeda
  • c. kondisi sosial budaya dan ideologi yang berbeda
  • d. potensi sumber daya yang berbeda
  • e. pengaruh lingkungan yang berbeda.

3. Setiap kebijakan yang diambil oleh pemerintah harus sesuai dengan aspirasi rakyat dan dapat dipertanggungjawabkan dihadapan rakyat. Hal itu sesuai dengan indicator demokrasi :

  • a. rekruitmen politik yang terbuka
  • b. akuntabilitas,
  • c. rotasi kekuasaan,
  • d. fleksibilitas,
  • e. penghargaan HAM.

4. Pengisian jabatan publik dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk berkompetisi. Hal itu sesuai dengan indikator demokrasi :

  • a. akuntabilitas,
  • b. rotasi kekuasaan,
  • c. fleksibilitas,
  • d. penghargaan HAM.
  • e. rekruitmen politik yang terbuka

5. Pada kurun waktu setelah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 sampai menjelang Orde Baru 1966, Indonesia menerapkan sistem :

  • a. demokrasi liberal
  • b. demokrasi parlementer
  • c. demokrasi rakyat
  • d. demokrasi sosialis
  • e. demokrasi Pancasila

    1. Budaya politik parokial ditandai oleh hal-hal sebagai berikut, kecuali :

    • a. adanya spesialisasi dalam masyarakat yang sangat kecil,
    • b. diferensiasi terbatas,
    • c. orientasi politik sempit dari warga masyarakat,
    • d. aktor politik sekaligus menjalankan berbagai peran yang lain.
    • e. kesadaran politik yang cukup tinggi.

    2. Kuatnya sentiment kedaerahan, kesukuan dan keagamaan dalam masyarakat Indonesia, merupakan indikator budaya politik Indonesia yang masih diwarnai oleh :

    • a. primordialisme
    • b. paternalisme
    • c. patrimonial
    • d. tradisionalisme
    • e. modernisme.

    3. Masyarakat Indonesia yang masih membawakan pola panutan untuk melakukan sesuatu yang diharapkan, memerlukan figure yang bisa dijadikan sebagai acuan. Hal itu menandakan budaya politik Indonesia yang membawakan ciri :

    • a. primordialisme
    • b. paternalisme
    • c. patrimonial
    • d. tradisionalisme
    • e. modernisme.

    4. Hampir setiap orang menganggap dirinya dan orang lain sebagai anggota aktif dalam kehidupan poltik dan masing-masing sadar akan hak dan kewajibannya dalam kehidupan politik. Hal itu merupakan indikator budaya politik :

    • a. tradisional,
    • b. modern,
    • c. parochial,
    • d. partisipan.
    • e. subyek,

    5. Dengan memperhatikan pendapat para pakar, dapat dikemukakan beberapa ciri budaya jawa yang sangat berpengaruh terhadap budaya politik Indonesia. Ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut, kecuali :

    • a. cenderung tidak berada dalam situasi konflik,
    • b. mudah tersinggung.
    • c. kompetitif dan terbuka
    • d. menilai tinggi ketenangan sikap.
    • e. kuatnya rasa kebersamaan.

    1. Penandatanganan penjanjian bilateral merupakan bentuk pengakuan suatu negara yang bersifat….

    • a. pengakuan kepala pemerintahan
    • b. pengakuan kepala Negara
    • c. pengakuan de facto
    • d. pengakuan de jure

    2. Salah satu bentuk Negara yang diakui oleh masyarakat internasional adalah ….

    • a. Konfederasi,
    • b. Federasi,
    • c. Kondominium,
    • d. Anggota Persemakmuran.

    1. Perserikatan Bangsa-bangsa termasuk organisasi internasional yang bersifat ….

    • a. global
    • b. regional
    • c. lokal
    • d. terbatas

    2. ASEAN merupakan organisasi internasional yang didirikan oleh bangsa-bangsa Asia Tenggara dengan sifat ….

    • a. global
    • b. regional
    • c. lokal
    • d. terbatas

    1. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan pembelajaran, yang disusun untuk….

    • a. mencapai tujuan pembelajaran
    • b. memudahkan guru mengajar
    • c. memberi pedoman keterlibatan siswa
    • d. memperjelas materi pembelajaran

    2. Metode ceramah bukan satu-satunya metode yang dapat dilakukan untuk menerapkan strategi ekspositori, melainkan ada metode lain, seperti ….

    • a. demosntrasi
    • b. simulasi
    • c. diskusi atau curah gagasan
    • d. penelusuran informasi

    3. Menurut Joyce dan Weil, bahwa pada hakikatnya pembelajaran adalah membantu para peserta didik memperoleh :

    • a. informasi dan ide tertentu
    • b. keterampilan
    • c. nilai dan cara berfikir
    • d. jawaban a, b, dan c benar

    4. Strategi tegi pembelajaran yang pada dasarnya menitikberatkan pada cara-cara memperkuat dorongan internal manusia untuk memahami dunia dengan cara menggali dan mengorganisasikan data adalah….

    • a. strategi pengelolaan informasi
    • b. strategi personal
    • c. strategi sosial
    • d. strategi sistem perilaku

    5. Manusia mengembangkan kepribadian yang unik dan melihat dunia dari sudut pandangnya yang juga unik. Hal ini sejalan dengan penggunaan strategi …

    • a. pengelolaan informasi
    • b. personal
    • c. sosial
    • d. sistem perilaku

    6. Setiap konsep memiliki empat elemen, yaitu nama, contoh atau eksemplar, ciri-ciri (atribut) esensial dan tidak esensial, serta ….

    • a. bukan contoh
    • b. definisi
    • c. nilai dari cir-ciri
    • d. unsur dari ciri-ciri

    7. Proses berfikir yang bergerak dari fakta-fakta yang khusus menuju ke generalisasi yang bersifat umum mendasari model pembelajaran….

    • a. induktif
    • b deduktif
    • c konstruktivistik
    • d. klarifikasi nilai

    8. Model ini cocok untuk mengajarkan nilai-nilai yang menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan, yaitu model pembelajaran….

    • a. pengungkapan perasaan
    • b. analogi
    • c. pilihan rasional
    • d. analisis rasional

    9. Tenggang rasa atau empati dapat dibutuhkan dengan cara mengandaikan dirinya berada pada posisi orang lain. Hal ini merupakan pandangan yang mendasari model pembelajaran….

    • a. pembelantukan kepedulian
    • b. analogi
    • c. pilihan rasional
    • d. pengungkapan perasaan

    10. Siswa harus membuat rencana kerja (proposal) dan mencari dukungan orang lain (advokasi) untuk menyukseskan programnya. Merupakan langkah pembelajaran dengan model….

    • a. pembelantukan kepedulian
    • b. aksi sosial
    • c. pilihan rasional
    • d. pengungkapan perasaan

    11. Kegiatan menetapkan siswa naik kelas atau tidak naik kelas adalah kegiatan ….

    • A. Pengukuran
    • B. Membandingkan
    • C. Penilaian
    • D. Mengevaluasi

    12. Sebutkan dua kegian yang harus dilakukan guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran !

    • A. Pengukuran dan penafsiran
    • B. Pengukuran dan penilaian
    • C. Penilaian dan penafsiran
    • D. Penilaian dan evaluasi

    13. Pedoman yang digunakan guru dalam mengembangkan alat evaluasi adalah ….

    • A. Kurikulum
    • B. Tujuan Pembelajaran
    • C. Buku Pelajaran
    • D. Kisi-kisi tes

    14. Salah satu manfaat penilaian yang dilaksanakan secara kontinu adalah ….

    • A. Hasilnya lebih valid
    • B. Hasilnya lebih reliabel
    • C. Hasilnya lebih akurat
    • D. Hasilnya memuaskan semua pihak

    15. Penilaian yang bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa disebut …..

    • A. Selection tes
    • B. Placement tes
    • C. Achievement tes
    • D. Diagnostic tes

    16. Manfaat hasil penilaian bagi siswa adalah sebagai berikut, KECUALI:

    • A. Mengetahui kesesuaian materi pelajaran dengan kemampuan siswa
    • B. Mendorong siswa belajar
    • C. Mengetahui ketepatan cara belajar
    • D. Mengetahui kemajuan belajar

    17. Langkah pertama yang ditetapkan guru dalam merencanakan penilaian adalah …..

    • A. Menetapkan aspek-aspek yang akan diukur
    • B. Menetapkan metode penilaian yang akan digunakan
    • C. Menetapkan kriteria penilaian
    • D. Menetapkan tujuan penilaian

    18. Tes yang materinya sesuai dengan materi pelajaran yang diajarkan guru disebut ….

    • A. Tes yang reliabel
    • B. Tes yang valid
    • C. Tes yang memiliki daya beda
    • D. Tes yang memiliki derajat kesukaran yang memadai.

    19. Apakah kriteria yang sebaiknya digunakan guru dalam memilih metode penilaian yang akan digunakannya ?

    • A. Aspek/ranah yang akan diukur
    • B. Jumlah siswa
    • C. Materi pelajaran
    • D. Waktu yang tersedia

    10. Siapa sajakah yang dapat memanfaatkan hasil penilaian ?

    • A. Guru dan siswa
    • B. Guru dan sekolah/lembaga
    • C. Sekolah dan siswa
    • D. Siswa, guru, dan Sekolah

    Perhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut !. Jawablah dengan singkat dan jelas !

    1. Jelaskan perbedaan mendasar antara strategi dan model pembelajaran.

    2. Pilih salah satu kompetensi dasar yang dapat dicapai melalui penggunaan strategi pembelajaran deduktif !

    3. Rumuskan indikator dan pengalaman belajar siswa berdasarkan pilihan KD pada soal nomor 2 tersebut.

    4. Pilih salah satu kompetensi dasar yang dapat dicapai melalui penggunaan model pembelajaran pembentukan konsep !

    5. Rumuskan indikator dan pengalaman belajar siswa berdasarkan pilihan KD pada soal nomor 4 tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s